Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
PADANGTODAY.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Minangkabau Silek Camp 2013: Bermodal Kegigihan, Perguruan Silek Harimau Kubuang XIII

23 August 2013 12:45 | • Wartawan : Nofri Guntala • Editor : • Dibaca : 705 kali

Perguruan Silek Minang Harimau Kubuang XIII asal Kenagarian Cupak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, berhasil menyabet dua buah piala untuk kategori penampilan silek tradisional yang dilaksanakan di Galanggang Aluang Bunian, Kenagarian Talang Babungo pada acara Minang kabau Silek Camp 2013.

Dua buah piala yang berhasil di gaet pesilat asal Kabupaten Solok ini berasal dari dua kelas, yakni pada kelas A dengan kategori usia 23-35 tahun, berhasil mendapatkan juara satu sedangkan untuk kelas B dengan batas usia 16-22 th merekapun berhasil "mencokok" juara ke tiga.

"Semua ini diperoleh berkat kerja keras serta semangat dari anggota kami, untuk membuktikan bahwa keberadaan silat minang masih terjaga dengan baik,".Kata Rizal Intan Sati selaku guru pada perguruan ini, Jumat(23/8).

Hasil yang diperoleh tanpa ada dorongan sedikitpun dari pemerintah setempat untuk mengharumkan nama daerah itu, pada ajang Minang Kabau Silek Camp 2013 tersebut. Rizal bersama muridnya merasa yakin pada perhelatan Internasional ini, begitu yakin akan mengharumkan nama perguruannya dan Kabupatenn Solok sendiri.

"kita sangat bersyukur ternyata perguruan silek harimau kubuang XIII bisa membuktikan diri untuk menjadi salah satu juara pada pertandingan silek yang melibatkan tujuh negara ini, meskipun tanpa ada dorongan dari Pemerintah".Tegas Rizal.

Perjuangan serta kerja keras dalam berlatih serta semangat untuk terus mengembangkan tradisi yang mulai "Pudar", pada zaman sekarang. Meski demikian mereka tetap terus berjuang untuk mengembangkannya, sehingga tidak akan pernah luntur dalam perjalanannya.

Salah seorang murid Perguruan Harimau Kubuang XIII, Ario Fanta yang berhasil mendapatkan juara 1 pada kelas A,  mengatakan, bahwa apa yang ia dapatkan dalam pertandingan ini merupakan sebuah kebahagiaan yang tak bisa dilukiskan, karena para peserta pada laga ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia bahkan juga Negara lain seperti, Amerika, Belanda, Australia, Inggris, India, Swedia serta Italia,

"Terus terang saya terharu, karena perguruan kami bisa tampil dalam mempermainkan jurus-jurus silat yang kami pelajari selama ini dan bisa memperlihatkan jati diri, ditambah lagi menjadi salah satu juara,"Akun Ario.

Perlombaan yang berlangsung selama lima hari ini, telah membawa nama baik perguruan dan nama baik daerah dihadapan tamu-tamu dari luar daerah dan Negara oleh perguruan ini. Namun sayang suport hanya mereka dapatkan dari pihak tertentu yang hanya bisa membantu agar perguruan ini terus dikembangkan agar tidak hilang makan zaman.

Meski demikian, perguruan ini tetap bersyukur, karena masih ada dukungan dari beberapa pihak yang ikut andil serta terus mensuport guna menjadikan perguruan ini tetap eksis hingga saat ini.(*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)