Registrasi

 
Nama Lengkap
Email
Password
Ketik ulang Password
Jenis Kelamin
Pria Wanita

Member

 
Email
Password
PADANGTODAY.com akan menggunakan informasi yang Anda berikan sesuai dengan "Privacy Policy" kami. Dengan mengklik Sign Up, berarti Anda setuju dengan ketentuan "Terms of Use" dan "Privacy Policy" ini, dan menyadari sepenuhnya bahwa pengumpulan, penyimpanan dan penggunaannya tunduk pada ketentuan dan perundangan yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.

Fauzi Bahar Walikota Pertama Di Dunia Kibarkan Bendera di Akuarium Hiu

19 August 2013 13:30 | • Wartawan : Redaksi padangtoday • Editor : • Dibaca : 661 kali

Dengan dikelilingi 17 ekor ikan hiu dari jenis hiu Black Tip, White Tip, Butto dan Gray Reef, dan disaksikan ratusan mata pengunjung SeaWorld Indonesia,  Walikota Padang Fauzi Bahar, menjadi kepala daerah pertama di dunia dan di Indonesia yang mengibarkan bendera merah putih di Akuarium Hiu SeaWorld Indonesia.

Walikota Padang Fauzi Bahar, bersama Imam Prasetyo Moelyadi, salah seorang alumni Lemhanas PPSA 17, dan selebritis ibu kota Rico Ceper, mendapat kehormatan sebagai petugas upacara penurunan bendera peringatan Hari Ulang Tahun Ke-68 Kemerdekaan Republik Indonesia di Akuarium Hiu SeaWorld Indonesia, Taman Impian Jaya Ancol Jakarta, Sabtu petang (17/8).

“Pengibaran bendera di dalam air ini kami selenggarakan setiap tahun. Kali ini, sangat spesial dan akan menjadi catatan sejarah SeaWorld Indonesia, karena Walikota Padang Fauzi Bahar, merupakan Kepala Daerah pertama dan satu-satunya di dunia dan di Indonesia sebagai petugas penurunan bendera maupun pengibaran bendera," ujar Teddy Manajer Humas SeaWorld Indonesia.

Teddy mengatakan, pengibaran bendera dalam rangka HUT RI di SeaWorld Indonesia telah dimulai sejak tahun 2003, yang sebelumnya, penyelenggaraan hanya dilaksanakan oleh petugas Seaworld Indonesia dengan beberapa orang selebritis Indonesia.

“Kita telah meraih penghargaan dari Museum Penghargaan Rekor Muri Indonesia (MURI) pada pelaksanaan pertama pengibaran bendera dalam rangka HUT RI di tahun 2003,” ujar Teddy.

Teddy menambahkan, pada tahun 2003-2006 pengibaran bendera dilaksanakan di Akuarium Utama SeaWorld, dan di tahun 2007-2013 diadakan di Akuarium Hiu.

“Pada peringatan Hari Bumi tahun 2009, Duta Besar Amerika untuk Indonesia Mr. Cameron Hume menggunakan sangkar besi masuk kedalam Akuarium Hiu untuk memberi makan Hiu. Dan istimewanya saat ini seorang pejabat negara Walikota Padang masuk Akurium Hiu tanpa pengamanan apapun, ini sungguh keberanian yang sangat luar biasa,” terang Teddy.  

Keberanian para peserta pengibaran dan penurunan bendera di Akuarium Hiu SeaWorld Indonesia melambangkan bagian keberanian yang dimiliki para pahlawan yang merebut kemerdekaan bagi bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Selain itu, bermuatan pesan bahwa perjuangan merebut kemerdekaan bukan hal yang mudah.

Dikesempatan itu, Walikota Padang Fauzi Bahar, menjelaskan, dengan dipilihnya Akuarium Hiu sebagai tempat pengibaran bendera HUT RI tahun ini di SeaWorld indonesia, sebagai bentuk kampanye untuk mengajak seluruh masyarakat Indonesia agar turut serta menjaga kelestarian lingkungan hidup dan berperan dalam perlindungan alam, termasuk laut.

“Peran Hiu sangat penting di samudera. Tanpa Hiu, keseimbangan ekosistem laut akan terganggu dan berdampak kepada manusia. Oleh sebab itu, Negara harus menjamin keberlangsungan kehidupan di laut Indonesia,” terang Fauzi.

“Ini pengalaman pertama saya berenang dengan ikan Hiu,” ujar mantan pasukan katak itu.

Hal senada juga disampaikan Imam Prasetyo Moelyadi, Wakil Sekjen DPP Ormas MKGR ini mengatakan, penyelenggaraan pengibaran bendera di Akuarium Hiu SeaWorld dalam rangka HUT RI Ke-68, untuk meningkatkan kesadaran terhadap konservasi alam dan mengubah stigma Indonesia yang di cap sebagai salah satu Negara pemburu Hiu di dunia.

“Maka pengibaran bendera di akuarium Hiu dilakukan untuk menyemangati kembali nasionalime bangsa Indonesia dan membangun Indonesia berani,” kata Alumni Lemhanas PPSA 17 itu.

Sementara itu, Agung (40) salah seorang pengunjung SeaWorld Indonesia yang menyaksikan langsung kegiatan tersebut mengatakan, sebagai orang Padang saya turut bangga dengan keberanian Walikota Padang Dr. Fauzi Bahar, M.Si yang ikut andil sebagai petugas penurun bendera di Akuarium Hiu.

“Ini sangat membanggakan sekali, khususnya bagi orang Padang dan masyarakat Sumatera Barat pada umumnya, Walikota Padang Fauzi Bahar, menjadi Kepala Daerah pertama dan satu-satunya yang mengibarkan bendera merah putih di SeaWorld Indonesia,” pungkas Agung.

Selain pengibaran bendera Merah Putih di Akuarium Hiu, dalam rangka memperingati HUT RI Ke-68, SeaWorld Indonesia juga menyelenggarakan beberapa kegiatan lain, seperi hiburan berupa tarian Betawi, atraksi ondel-ondel dan aksi gebuk bantal beberapa orang selebritis Indonesia.(*)
KOMENTAR PEMBACA
Nama
Email
Komentar
 
  (masukkan kode di atas)